A. Pengadministrasian:
Kegiatan ini dilakukan
pada tanggal 12 Juni 2021 kepada siswa kelas 3 SD, langkah-langkah
pelaksanaannya:
1.
Mempersiapkan 1 buah buku gambar dan 1
kotak crayon berisi crayon lengkap warna-warni serta seperangkat alat untuk
menggambar seperti pensil dua dan penghapus
2.
Mempersilahkan anak tersebut untuk
menggambar sesuatu yang melukiskan tentang keadaan dirinya saat ini atau
melukiskan sesuatu hal yang ia senangi
3.
Mempersilahkan anak menggambar di tempat
yang paling ia merasa nyaman
4.
Memberikan waktu kepada anak paling lama
30 menit untuk menggambar
5.
Setelah anak menyelesaikan gambarnya,
saya memuji gambar anak tersebut dan menanyakan apa makna atau arti dari gambar
anak tersebut yang sudah ia buat
6.
Setelah itu mengucapkan terimakasih atas
partisipasi anak dalam menggambar
7.
Selesai.
B. Deskripsi
karakteristik kondisi anak
Inisial Nama : SI
Usia : 9 Tahun
Jenis kelamin :
Laki-laki
Kelas : 3 Sekolah Dasar
Alamat : Perumnas UNIB, Bengkulu
Pekerjaan Ibu : Memiliki
Toko Pakaian
Pekerjaan Ayah : Karyawan di
salah satu Universitas di Bengkulu
Hobi : Bermain Sepeda, bermain bola.
Anak ke : Anak ketiga dari tiga bersaudara
(anak laki-laki satu-satunya)
Latar Belakang Budaya : SI dibesarkan dari dua budaya yang
cukup berbeda, Ibunya SI adalah orang Bengkulu Selatan, tepatnya Manna, Ayahnya
SI orang Jawa, tepatnya orang Yogyakarta.
SI merupakan anak yang
dibesarkan dalam kelurga yang religius, mulai dari TK hingga SD, SI
disekolahkan di sekolah berbasis Agama, seperti saat ini SI bersekolah di salah
satu SDIT swasta di kota Bengkulu. Diusianya yang masih 9 tahun, SI sedari
kecil sudah dididik untuk banyak menghapal surat di dalam Al-qur’an. SI sudah
hapal semua surat yang ada pada Juz 30.
SI gemar bermain sepeda
dan bermain bola di lapangan dekat Masjid di dekat rumahnya, SI merupakan anak
yang aktif, ia tidak diberi gadget oleh orangtuanya, sehingga kesehariannya
setelah pulang sekolah SI sering pergi bermain dengan teman-temannya disekitar
rumah, SI anak yang sangat aktif dan pintar terlihat dari banyaknya lomba-lomba
yang sering ia ikuti.
SI juga anak yang taat
beribadah, hampir sholat 5 waktu ia selalu ke Masjid, hal ini dikarenakan
didikan orangtuanya yang menjadikan agama menjadi prioritas utama.
C. Hal
yang ganjil pada gambar anak
1. Ukuran objek:
Ada objek matahari yang sangat besar sekali, meskipun berada di tengah tetapi
lebih condong ke arah kanan
2. Bagian
yang hilang: Semua objek diberi warna kecuali awan, akar pohon, rumah, dan
mesjid
3. Rumah
da Masjid berdiri tegak berdampingan di sisi kanan dan di sisi kiri hanya
dipisahkan dengan sebuah jalan aspal tebal bewarna hitam
4. Ada
satu orang anak laki-laki bermain bola sendiri menggunakan baju bewarna merah.
5. Goresan
pada dedaunan di pohon itu seperti kerumunan lingkaran yang diputar-putar tidak
beraturan secara penuh.
6. Perubahan warna pada matahari:
di bagian garis luar matahari bewarna orange, masuk sedikit ketengah bwarna
orange pudar, dibagian tengahnya kuning pekat.
7. Latar lukisan:
Latar lukisan dominan warna hijau
8.
Sesuatu
yang Unik: ada mobil di dalam garasi rumah yang
terbuka
D. Tafsiran
gambar/ interpretasi
Melalui gambar anak
dapat mengatakan apa yang ia rasakan, bagaimana ia hidup dan melihat
sekitarnya.
No |
Gambar |
Interpretasi |
A |
Evolusi Gambar |
|
|
Titik Bulanan à tidak banyak
titik bulatan, hanya ada 1, yaitu gambar bulat titik bulatan di dekat mobil |
Tidak
menandakan perkembangannya yang terhambat |
B |
Garis |
|
|
Garis Halus à tidak ada
garis halus, rata-rata garis yang tegas |
Anak yang
pemberani dan percaya diri |
|
Garis kasar à ada bebera[a
garis kasar |
Agresif |
|
Garis sedang
dan seimbang à ada pada
gambar rumah, ada gambar garis seimbang yang sangat rapi |
Stabil |
|
Gambar kotorà ada, gambar
jalan aspal bewarna hitam yang dibuat sangat kotor |
Mengalami
kesulitan dalam menulis |
|
Coretan dan
koreksi (sering menghapus) à tidak ada |
Percaya diri |
|
Garis kuat dan
menghabiskan ruangan à tidak terlalu |
Tidak terlalu
agresif dan senang |
|
Coretan tidak
beraturan à ada pada
gambar dedaunan |
Usia lebih
dari 2,5 tahun menunjukkan keintelektualan |
C |
Geometri
Gambar |
|
|
Vertikal |
Geometri
gambar anak secara keseluruhan lebih condong ke arah tengah menandakan asa
sekarang |
|
Horizontal |
Tidak, gambar
anak vertikal |
D |
Posisi Gambar |
Posisi gamabr
lebih ke tengah, meskipun ada gambar satu matahari yang sangat besar di arah
sebelah atas, tetapi ada dua buah bangunan yang menandakan kestabilan. |
E |
Garis dan
perasaan |
|
|
Garis
patah-patah à ada 2 kali |
Aktif,
gelisah, mudah marah |
|
Garis yang
kuat à banyak |
Sikap yang
bengis dan mudah marah |
|
Garis menaikà ada pada
gambar dalan dan sedikit perbukitan |
Riang dan
gembira |
|
Garis ringan à sedikit |
Kurang lembut,
halus dan tenang |
F |
Kondisi gambar |
Kompleks
oedipus diketahui dari kecenderungan ketebalan garis pada gambar ayah
dibanding gambar ibu |
G |
Bahasa warna |
|
|
Kuning à gambar
matahari |
Menandakan
kedermawanan dan kepercayaan |
|
Merah à ada 1 gambar
yang bewarna merah, yaitu si anak yang sedang bermain bola menggunakan baju
warna merah |
Menandakan
impultivitas, kemarahan dan agresivitas |
|
Biru à ada pada
gambar langit |
Loyallias,
kedamaian, kebenaran |
|
Putih à awan, rumah,
Masjid |
Kemurnian,
keabsolutan, keadilan |
H |
Arti warna |
|
|
Merah à hanya ada 1
warna |
Tidak terlalu
agresif |
|
Biru à gambar langit
penuh warna biru |
Kemampuan
adaptasi yang baik |
|
Hijau à dominan
sekali |
Keadaan sosial
yang bagus |
|
Kuning à pada gambar
matahari yang besar |
Ketergantungan
kepada orangtua |
|
Cokelat à ada hanya 1
pada batang pohon |
Keadaan
adaptasi yang tidak terlalu buruk, karena tidak dominan |
|
Ungu à tidak ada |
Tidak ada |
|
Hitam à warna jalan
aspal |
Kecemasan,
kehati-hatian dan malu. |
I |
Simbolisme
dasar |
|
|
Rumah à ada dan besar |
Kehangatan
keluarga, dan keterbukaan dengan dunia luar |
|
Satu rumah dan
satu masjid, pintu tertutup, tetapi garasi mobil terbuka dan mobilnya kelihatan,
tidak ada jendela rumah. Tidak ada jalan menuju rumah. |
Punya hubungan
yang akrab dengan tempat Ibadah, dikarenkan kebiasaan sholat 5 waktu ke
Masjid. Keluarga yang agak tertutup karena tidak ada jendela, meskipun ada
satu pintu, pintunya juga tertutup. |
|
Pohon à 1 pohon besar
menjulang tinggi tepat disamping rumah |
Simbol dari
laki-laki yang berdiri dengan kuat, kesuburan, kekuatan dan misteri |
|
Tida ada
gambar hewan |
Tidak ada |
|
Matahri à sangat besar
dan cerah |
Ayah yang
ideal, kemaskulinitas, pahlawan, kejayaan, memang Ayah si anak adalah ayah
yang tauldan serta bertanggungjawab. |
|
Bulan |
Tidak ada |
|
Langit à besar
terbentang |
Kesucian |
|
Bumi, api,
air, sungai, perahu, kapal perang -à tidak ada |
Tidak ada |
I |
Diri manusia |
|
|
Gambar manusia
yang digambarkan kecil hanya mewakili diri si anak yang suka bermain bola,
tangan dari gambar tubuh tersebut telapaknya besar, wajahnya tidak jelas,
kakinya kecil. |
Menggambarkan
anak yang sering menangkap bola daripada menendang bola. |
|
Pakaian à bewarna merah |
Si anak
agrasif ketika bermain |
|
Kostum à tidak ada |
Tidak ada |
E. Kesimpulan
Ekspresi konseli selama
menggambar itu ia sangat bersemangat, senang, dan memprlihatkan sesuatu yang ia
senangi. Karena si anak berkata “aku suka menggambar bu, tapi harus ada pensilnya,
biar bisa dibentuk-bentuk dulu, nanti baru aku warnain, kalo gak ada pensilnya
aku gak bisa”.
Kesimpulannya, SI
adalah anak yang aktif, agresif, cerita dan bersemangat, memiliki intelegensi
yang bagus, mendapatkan kehangatan dari orangtuanya, mendapatkan sosok yang
ideal dari sang Ayah, selama ini hidupnya terasa damai dan tenang, SI merupakan
anak yang percaya diri dan pemberani tetapi tidak terlalu lembut. Keluarga SI
agak tertutup tetapi tidak tertutup dari duni luar, SI memiliki sedikit masalah
dalam menulis, perkambangan SI bagus tidak adanya keterlambatan, SI juga
merupakan anak yang stabil dalam kehidupannya serta hidup dimasa kini, tidak
terlalu terkita dengan masalalu atau terlalu jauh berpikir ke arah masa
depannya. SI merasa rumah dan Masjid merupakan dua tempat yang sama-sama ada
kehangatan di dalamnya.
No comments:
Post a Comment