Rencana Operasional (Action Plan)
Tabel. 1 Rencana Kegiatan Bimbingan Dan
Konseling
KANTOR
DESA, KARANG SUCI.
Tahun
Pelajaran 2021/2022
Bidang Layanan |
Tujuan Layanan |
Komponen Layanan |
Strategi Layanan |
Sasaran |
Materi |
Metode |
Media |
Evaluasi |
Pribadi, Sosial, Belajar, Karir |
Mengentaskan
dan membantu individu yang awalnya
KES-T menjadi KES. |
Layanan responsif |
Konseling Individual |
Umum/ siswa |
Insidentil |
Daring/ Luring |
Insidentil |
Proses dan hasil |
Pribadi, Sosial, Belajar, Karir |
Bertujuan
mengentaskan masalah yang disampaikan oleh masing-masing anggota kelompok |
Layanan dasar |
Konseling kelompok |
Umum/ siswa |
Insidentil, sesuai dengan permasalahan yang dirasakan oleh
anggota kelompok |
Daring/ Luring |
Aplikasi media sosial online |
Proses dan hasil |
Pribadi, Sosial, Belajar, Karir |
Bertujuan
untuk memberikan suatu informasi yang dibutuhkan oleh peserta didik/ sasaran
layanan |
Layanan dasar |
Layanan klasikal |
Siswa |
Informasi tentang KIP Kuliah Merdeka |
Luring |
Powerpoint, materi, RPL |
Proses dan hasil |
Mengetahui, Dosen Pembimbing
Dr. Netrawati, M. Pd., Kons.
|
Padang, 21 April 2021 Mahasiswa
Dian Montanesa 20010010 |
Tabel
2.
Jadwal Kegiatan
Jadwal Kegiatan Program Bimbingan dan Konseling
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Tahun
Pelajaran 2020/2021
Bulan |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
Juli |
||||||||||||
Komponen & Kegiatan layanan |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
|
A.
PERSIAPAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Melakukan asesmen kebutuhan
(observasi & wawancara) |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menyusun Program Bimbingan dan Konseling |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Konsultasi program BK |
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengadaan Sarana/ Prasarana BK |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.PELAKSANAAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
LAYANAN DASAR |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. konseling kelompok |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
2.
LAYANAN RESPONSIF |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Konseling individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
3. DUKUNGAN SISTEM |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Melaksanakan
dan menindaklanjuti asesmen |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
b. Menyusun
dan melaporkan program BK |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
c. Membuat
evaluasi |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
d. Melaksankan
administrasi BK |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
C. AKUNTABILITAS |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Pembuatan Laporan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√ |
Mengetahui, Dosen Pembimbing
Dr. Netrawati, M. Pd., Kons.
|
Padang, 21 April 2021 Mahasiswa
Dian Montanesa 20010010 |
PROGRAM
SEMESTERAN
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
SEMESTER
GANJIL TAHUN AJARAN 2020/2021
NO |
JENIS KEGIATAN/LAYANAN |
BIDANG BIMBINGAN |
FUNGSI BK |
TUJUAN |
SASARAN |
WAK TU |
|||||
P |
S |
B |
K |
||||||||
A. |
PERSIAPAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
1 |
Assesmen
kebutuhan (Hasil wawancara dengan warga Karang Suci) |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
Terungkapnya
kebutuhan peserta didik/konseli dilihat dari hasil belajar |
Masyarakat
Karang Suci/ Klien |
Maret |
|
|
2 |
Menyusun
program bimbingan dan konseling |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
Layanan bimbingan dan konseling lebih
terarah dan tetap sasaran |
Masyarakat
Karang Suci/ Klien |
April |
|
|
4 |
Konsultasi
program bimbingan dan konseling |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
Mendapat dukungan dari dosen Pembimbing Binfes dan dari Ketua
Jurusan Bimbingan dan Konseling |
Mahasiswa UNP |
April |
|
|
5 |
Pengadaan
sarana / prasarana BK |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
Terpenuhinya kebutuhan sarana yang
menunjang keberhasilan layanan BK |
Masyarakat
Karang Suci/ Klien |
April |
|
B. |
LAYANAN BK |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
1. |
LAYANAN DASAR |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Konseling
Kelompok |
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Membahas permasalahan yang ada pada
kelompok, masalah yang dibahas berasal dari dalam diri individu |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan, pencegahan |
Individu/konseli
dapat mengentaskan permasalahan yang
dialaminya atau mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan |
Klien
di sekolah/ masyarakat |
Maret |
|
|
|
Membahas permasalahan yang ada pada
kelompok, masalah yang dibahas berasal dari dalam diri individu |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan, pencegahan |
Individu/konseli
dapat mengentaskan permasalahan yang
dialaminya atau mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan |
Klien
di sekolah/ masyarakat |
April |
|
|
|
Membahas permasalahan yang ada pada
kelompok, masalah yang dibahas berasal dari dalam diri individu |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan, pencegahan |
Individu/konseli
dapat mengentaskan permasalahan yang
dialaminya atau mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan |
Klien
di sekolah/ masyarakat |
Mei |
|
|
|
Membahas permasalahan yang ada pada
kelompok, masalah yang dibahas berasal dari dalam diri individu |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan, pencegahan |
Individu/konseli
dapat mengentaskan permasalahan yang
dialaminya atau mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan |
Klien
di sekolah/ masyarakat |
Juni |
|
|
|
Membahas permasalahan yang ada pada
kelompok, masalah yang dibahas berasal dari dalam diri individu |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan, pencegahan |
Individu/konseli
dapat mengentaskan permasalahan yang
dialaminya atau mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan |
Masyarakat
Karang Suci |
Juli |
|
|
2. |
LAYANAN RESPONSIF |
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
1. Konseling Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Maret
|
|
|
|
2. Konseling Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Maret |
|
|
|
3.
Konseling Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Maret |
|
|
|
4.Konseling Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
April |
|
|
|
5.Konseling Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
April |
|
|
|
6.Konseling Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
April |
|
|
|
7.
Konseling Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
April
|
|
|
|
8. Konseling
Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
April |
|
|
|
9. Konseling
Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
April
|
|
|
|
10. Konseling
Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Mei |
|
|
|
11. Konseling
Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Mei |
|
|
|
12. Konseling
Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Mei |
|
|
|
13. Konseling
Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Mei |
|
|
|
14.
Konseling Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Juni |
|
|
|
15. Konseling Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Juni |
|
|
|
16.
Konseling Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Juni |
|
|
|
17.Konseling Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Juni |
|
|
|
18.Konseling
Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Juli |
|
|
|
19.Konseling Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Juli |
|
|
|
20.
Konseling Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan masalah
yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Juli |
|
|
|
21.
Konseling Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Juli |
|
|
|
22.
Konseling Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Juli |
|
|
|
23.
Konseling Individual |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengentasan |
Terbantunya
Individu dalam mengatasi hambatan/memecahkan
masalah yang dialaminya |
Siswa/
Umum |
Juli |
|
|
4. |
DUKUNGAN SISTEM |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Melaksanakan dan menindaklanjuti assesmen |
|
|
√ |
|
Pemahaman dan pengembangan |
Pengumpulan
data dan kebutuhan klien |
Masyarakat
|
Maret |
|
|
|
b. Menyusun dan melaporkan program
bimbingan dan konseling |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pemahaman dan pengembangan |
Pertanggungjawaban
kinerja kepada dosen pembimbing dan ketua jurusan
Bimbingan dan Konseling |
Klien
|
Juni-juli |
|
|
|
c. Membuat evaluasi |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengembangan |
Penilaian
ketercapaian program layanan bimbingan dan konseling |
Klien
|
Juli |
|
|
|
d. Melaksanakan administrasi BK |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pengembangan |
Bukti fisik
pelaksanaan bimbingan dan konseling |
Klien
|
Juli |
|
Mengetahui, Dosen Pembimbing
Dr. Netrawati, M. Pd., Kons.
|
Padang, 21 April 2021 Mahasiswa
Dian Montanesa 20010010 |
YANG SUDAH
DILAKSANAKAN
TARGET |
||||
Layanan |
Total |
Semester 1 |
Semester 2 |
Target yang belum |
Konseling Individual |
45 klien |
22 klien |
11 klien |
12 klien |
Konseling Kelompok |
35 kali pertemuan |
X |
4X |
31X Lagi |
Layanan Klasikal |
1 kali membuat video |
X |
1X |
Sudah tercapai |
No comments:
Post a Comment